Tips dan Trik Minum Obat Saat Puasa (Bulan Ramadhan)

Selama bulan Ramadhan, pola makan dan minum akan berubah. Waktu yang leluasa minum obat berubah dari 24 jam menjadi hanya 10,5 jam. Nah, bagaimana cara kita meminum obat agar efek terapi menjadi optimal?

Jika anda mempunyai penyakit khusus seperti diabetes, umumnya tidak boleh menggunakan obat setelah sahur untuk menghindari terjadinya hipoglikemia yaitu penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Jika dokter memberi obat dengan pemakaian 3-4 kali sehari, tanyakan apakah ada alternatif obat sejenis yang bisa diminum 1 atau 2 kali sehari.

Berikut panduannya:

1. Bila aturan pakai 1 kali sehari sebelum makan

Kita bebas memilih setelah minum pembuka puasa (setengah jam sebelum makan berat) atau setengah jam sebelum sahur. Yang penting pilihan waktu tersebut konsisten.

2. Bila aturan pakai 1 kali sehari setelah makan

Kita bebas memilih setelah berbuka puasa atau saat sahur. Yang penting pilihan waktu tersebut konsisten.

3. Bila aturan pakai 2 kali sehari setelah makan

Minumlah obat setelah makan berbuka puasa dan setelah makan sahur.

4. Bila aturan pakai 2 kali sehari sebelum makan

Minumlah obat setelah minum berbuka puasa. Setengah jam sesudahnya barulah menikmati makan berat. Minum obat berikutnya minimal setengah jam sebelum makan sahur.

5. Bila aturan pakai 3 kali sehari setelah makan

Minumlah obat setelah makan berbuka puasa, sebelum tidur (setelah menyantap sedikit makanan) dan setelah makan sahur.

6. Bila aturan pakai 3 kali sehari sebelum makan

Minumlah obat setelah minum berbuka puasa lalu setengah jam sesudahnya barulah menikmati makan berat, saat hendak tidur (perut jangan diisi makanan setengah jam sebelumnya) dan setengah jam sebelum makan sahur.

Tips untuk jenis obat yang lain:

1. Obat Antihipertensi
Obat antihipertensi kini sudah banyak di formulasi untuk pemaikaian sekali dalam sehari. Obat ini lebih disarankan diminum saat makan sahur sehingga obat tersebut dapat mengendalikan tekanan darah selama beraktivitas di siang hari. Riset menunjukkan bahwa tekanan darah mencapai angka paling tinggi pada pukul  9-11 pagi dan paling rendah pada malam hari setelah tidur. Perlu hati-hati jika obat antihipertensi diminum malam hari karena mungkin terjadi penurunan tekanan darah yang berlebihan saat tidur.

2. Obat Maag

Jika dokter telah meresepkan obat yang hanya digunakan sekali dalam sehari, misalnya omeprazol atau lansoprazol, sebaiknya diminum pada malam hari sebelum tidur. Sedangkan obat maag yang lazimnya diberikan duak kali dalam sehari, misalnya ranitidin atau famotidin, maka hendaknya dipilih saat malam hari sebelum tidur dan pada waktu makan sahur. Hal ini desebabkan asam lambung  mencapai kadar paling tinggi pada saat dinihari, sehingga sebaiknya diminum malam hari untuk mencegah kenaikan asam lambung berlebihan.

3. Obat Antidiabetes

Obat antidiabetes yang hanya cukup diminum satu kali dalam sehari, misalnya glipizid sebaiknya digunakan pada saat berbuka puasa untuk mengontrol kadar gula dalam darah, karena pada saat tersebut ada kecenderungan kadar gula dalam darah akan meningkat berlebihan.

Namun apabila obat antidiabetes anda diresepkan dua kali dalam sehari, lebih disarankan diminum saat berbuka puasa dan malam hari sebelum tidur. Hindari penggunaan obat antidiabetes saat makan sahur agar tidak terjadi keadaan hipoglikemia pada saat berpuasa pada siang harinya.

4. Obat Penurun Kolesterol

Obat penurun kolesterol paling baik diminum pada pukul 7-9 malam, karena memberikan efek lebih baik.

5. Obat Antiasma


Sebenarnya waktu yang paling baik meminum obat asma adalah pada pukul 3-4 sore. Hal ini karena pada saat itu produksi steroid tubuh berurang, dan mungkin akan menyebabkan serangan asma pada malam hari. Karena itu, jika steroid dihirup sore hari, diharapkan akan mencegah serangan asma pada malamnya. Obat yang penggunaannya dihirup boleh digunakan oleh orang yang berpuasa dan tidak membatalkan puasa.

6. Obat Antianemia

Waktu yang paling baik meminum obat anti anemia adalah pukul 8 malam. Penggunaan obat anemia seperti Fe glukonat atau Fe sulfat memberikan efek 3-4 kali lebih baik pada waktu itu daripada diberikan pada siang hari.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger