Ford Kembangkan Mobil Tanpa Supir

Ford Kembangkan Mobil Tanpa Supir - Ford Motor Company semakin serius menggarap proyek mobil otonom alias mobil tanpa sopir, Pabrikan ini bahkan telah beranjak ke fase ketiga yakni dari tahap riset ke tahap program pengembangan teknologi tingkat lanjutan dan siap membawa teknologi otonom tersebut untuk diproduksi.

Pernyataan Ford yang dilansir Autonotivenews, pabrikan telah membentuk tim khusus mobil otonom yang dipimpin oleh Randy Visintainer. Namun, Ford mengatakan, masih perlu waktu panjang untuk menghadirkan mobil yang benar-benar otonom.

Meski begitu, seorang eksekutif pabrikan itu mengatakan sejumlah fitur yang membantu sopir sepanjang perjalan dan mengarah kepada teknologi berkendara tanpa sopir akan dipasang di sejumlah mobil Ford dalam lima tahun ke depan.

"Kami sudah mempunyai kendaraan otonom yang tengah menjalani pengujian, dan kami sudah memproduksi dan menjual kendaraan dengan teknologi semi-otonom," tutur Group Vice President for Global Product Development Ford, Raj Nair.

Bahkan, Nair mengatakan teknologi yang membantu kendaraan menghindari pejalan kaki akan tersedia di pasar Amerika Serikat pada tahun depan. Fitur yang telah ditawarkan di Ford Mondeo yang dijual di Eropa itu juga bakal ditanam di mobil produksi Ford pada 2019.

Sementara itu, Chief Executive Officer Ford, Mark Fields mengatakan, pihaknya memang akan memasarkan mobil yang mengusung sebagian teknologi kendaraan otonom secara massal. Namun tidak harus menjadi pabrikan pertama yang menawarkan teknologi tersebut.

Dia berharap mobil otonom alias mobil tanpa sopir buatan Ford sudah diperkenalkan ke publik dunia pada akhir dekade ini. Saat ini tahap pengembangan mobil itu memasuki tahap pengujian dan perbaikan algoritma untuk pengemudian secara otonom, pembuatan penginderaan, serta pembuatan teknologi komputasi layak untuk produksi.

Sedangkan tahap akhir dari proses pengembangan ini adalah, mengubah teknologi ke dalam program kendaraan.

Adapun Visintainer yang memimpin proyek pengembangan ini, sebelumnya adalah direktur pengembangan kualitas produk Ford. Dia yang telah bekerja di pabrikan ini selama 29 tahun itu, juga pernah memduduki jabatan penting terutama di grup pengembangan teknologi.

Dia akan memimpin tim yang terdiri dari berbagai belahan dunia, termasuk dari Jerman, Palo Alto, California, Amerika Serikat dan berkantpr di Dearborn. Pusat riset itu telah dibuka pada Januari lalu.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger