Aballs, Mobil Balap Karya Anak Bangsa

Kontes modifikasi adalah salah satu tolak ukur kreatifitas anak bangsa. Dan itu nampaknya benar-benar terjadi di ajang Autoblackthrough 2010 yang baru saja berakhir.

Di salah satu kontes modifikasi terbesar di Indonesia ini kreatifitas pecinta modifikasi benar-benar terlihat. Apalagi kalau kita melihat mobil bernama Aballs yang menjadi pemenang kontes modifikasi ini.

Dari segi tampilan mobil ini tampak menarik dengan memadukan nuansa futuristik dengan semangat racing dalam balutan tubuh yang terbuat dari carbon ini. Tidak hanya dari segi tampilan, teknologi yang diusung mobil ini pun sudah sedemikian maju.

Sebab dapur pacu mobil ini sudah memanfaatkan tenaga listrik untuk menggerakkan seluruh rodanya. Motor listrik tipe 3-Phase AC Induction Motor mampu memuntahkan tenaga hingga 52 hp dengan torsi maksimum mencapai 156 Nm. Sementara motor listrik lain yang diaplikasi di mobil ini mampu menyumbangkan tenaga hingga 60 hp.

Motor listrik yang digendong Aballs itu mendapat suplai tenaga dari baterai lithium ion yang kemudian dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.  

Dan hebatnya lagi, dapur pacu mobil listrik ini ternyata adalah buatan anak bangsa. Perusahaan audio Alphine sengaja bekerja sama dengan LIPI untuk mengembangkannya.

Sementara untuk tubuh sporty yang berdimensi 390,5x260x96,83 cm yang dimilikinya terlihat menyegarkan dengan lekuk tubuh layaknya mobil balap dari masa depan yang menutupi sasis yang juga dibuat sendiri.

Seluruh tubuh Aballs dibuat secara custom oleh rumah modifikasi Signal. Berbagai bagian luar mobil mulai dari front difusser, sideskrit, open cockpit cover hingga pernik kecil seperti kaca spion pun dibuat khusus dengan bahan carbon.

Sedangkan untuk bagian kokpitnya, mobil yang hanya mampu menampung satu orang pengendara ini juga tidak kalah menawan dengan gaya balap masa depan. 

Menaiki mobil ini pengendara tidak akan merasa ada di jaman sekarang. Karena dengan roda kemudi berbentuk unik dan deretan LCD serta speaker yang mengelilingi jok pengendara, nuansa futuristik sangat kental terasa.

Di bagian kaki-kaki Aballs tampil dengan carbon front wishbone, carbon pyramid shape control arms 45 degree dan carbon double adjustable coil overshock absorbers di kaki bagian depan.

Di kaki bagian belakang hadir multilink independent suspension dan custom short stroke coil cover yang menyangga roda super lebar di bagian belakang.

Dengan itu semua, tidak salah bila mobil yang dibuat oleh perusahaan audio Alphine ini memenangi kontes modifikasi bergengsi sekelas Autoblackthrough mengalahkan rumah modifikasi hingga anak-anak klub yang menebar ancaman lewat 140an mobil modifikasi yang ikut kontes.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger