DAVID LUIZ KAPTEN BRASIL SAAT KONTRA JERMAN

DAVID LUIZ KAPTEN BRASIL SAAT KONTRA JERMAN - David Luiz disebut akan menjaadi kapten Brasil saat melawan Jerman di semifinal, Selasa (8/7). Melihat kiprahnya selama Piala Dunia 2014, ia memang pantas menjadi panutan.

Setelah Neymar terpaksa absen karena cedera tulang belakang dan kapten Thiago Silva tidak bisa bermain lantaran menjalani hukuman akumulasi kartu, publik Brasil sekarang berharap kepada David Luiz. Tentu saja bukan untuk menggantikan Neymar sebagai motor serangan Selecao.

David Luiz diharapkan menjadi pemimpin pasukan kuning Brasil untuk mengatasi Jerman. Para pemain tim asuhan pelatih Luiz Felipe Scolari dikabarkan juga telah mengakui keberadaan bek sentral itu sebagai pemimpin.

"Sang bek diakui di kelompok Luiz Felipe Scolari sebagai pemimpin spontan dan alami". Demikian yang ditulis situs media terkenal di Negeri Samba, Globo.com.

Di Piala Dunia 2014, kita bisa melihat David Luiz sebagai pemimpin. Bukan hanya melalui komando-komando kepada rekan-rekan setim di lapangan, melainkan juga melalui aksi nyata yang membuat Selecao unggul dari lawan.

Pada pertandingan babak perdelapan final melawan Cili, David Luiz yang membuat Brasil sempat unggul 1-0 lewat sontekan di depan gawang pada menit ke-18. Ketika pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalti, bek sentral yang baru pindah dari klub Chelsea ke Paris Saint-Germain itu yang menjadi penendang pertama.

Bisa dibayangkan bagaimana beratnya beban yang dipikul David Luiz. Sebagai eksekutor pertama, ia harus sukses untuk membuat moral tim terjaga. Hasilnya, eksekusi pemain berusia 27 tahun itu masuk ke gawang. Brasil pun kemudian memenangi adu penalti.

Pada laga perempat final melawan Kolombia, tendangan bebas David Luiz pada menit ke-69 membawa Brasil unggul 2-0. Selecao akhirnya menang 2-1 dengan David Luiz terpilih sebagai pemain terbaik laga versi FIFA.

Di pertandingan melawan Kolombia itu, kita juga bisa melihat David Luiz sebagai seorang pemain yang harus dicontoh. Seusai laga, mantan pemain Benfica itu tidak lama terjebak dalam euforia keberhasilan Brasil meraih tiket ke semifinal.

David Luiz berhenti di samping bintang Kolombia yang tampil menawan di Piala Dunia 2014, James Rodriguez. Untuk sementara ia menyimpan sukacita atas kesuksesan Selecao. Ia memeluk James Rodriguez dan berbicara dengannya. Ia juga mengangkat tangan dan menunjukan jari telunjuknya ke arah gelandang Kolombia itu, seolah mengatakan kepada dunia bahwa dialah pemain terbaik sesungguhnya di Piala Dunia 2014.

Seusai laga, James Rodriguez menuturkan apa yang dikatakan David Luiz kepadanya. "Dia mengatakan bahwa saya pemain yang bagus. Saya sudah menjadi seorang juara dunia".

Tidak semua pemain bisa bersikap fair seperti David Luiz. Terlebih dalam suasana kegembiraan yang harus dinikmati. Namun, David Luiz melakukannya.

FIFA juga mengakui David Luiz sebagai salah satu yang terbaik. Saat Piala Dunia 2014 telah melewati fase 16 besar, FIFA mengumumkan bahwa bek yang juga bisa bermain sebagai gelandang itu untuk sementara menjadi pemain terbaik kejuaraan. Ya, berdasarkan Castrol Index, bukan Lionel Messi, Neymar, Thomas Mueller atau Arjen Robben yang terbaik, melainkan David Luiz.

Meski setelah fase perempat final, pemain kelahiran Diadema, Sao Paulo, itu tak lagi berada di tangga pertama daftar pemain terbaik turnamen versi FIFA, publik Brasil tetap menilainya sebagai yang terbaik.

Setelah Neymar absen dan Thiago Silva untuk sementara menepi, David Luiz dinilai sebagai representasi terbaik dari timnas Brasil sekarang. Kiranya, penampilannya yang berbeda dari pemain lain ikut membantu hal itu. David Luiz dengan rambutnya yang kribo telah membuatnya menjadi sosok paling menonjol di Selecao.

"Dengan rambutnya, David Luiz kini menjadi orang Brasil paling populer. Jika besok ada pemilihan presiden, sang kandidat harus mengenakan wig David Luiz," tulis Gustavo Poli dalam kolomnya dt Globo. com.

Para fan dan orang-orang di Benfica, klub pertama David Luiz di Eropa, memberi nama julukan The Sheriff untuk sang  bek. Sebuah bukti bahwa sejakawal masa karienya David Luiz memang sudah dipercava memiliki kemampuan untuk memandu tim.

Di klub Portugal itu, David Luiz menjadi simbol Benfica dan menjadi wakil kapten sejak musim 2009/10. Namun, pada tahun 2011 ia hijrah ke Chelsea.

Dari mana David Luiz memiliki keistimewaan menjadi pemimpin alami, seorang yang layak jadi contoh?

David Luiz menyebut ayahnya, Ladislao Marinho. Simak ucapan ulang tahunnya kepada sang ayah pada hari Minggu lalu melalui Twitter.

"Selamat ulang tahun, Yah! Anda akan selalu menjadi contoh saya, idola saya, teman saya, semuanya... saya tidak bisa melakukannya tanpa Anda! Saya cinta Anda! # HappyBdayDad," tulis David Luiz.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger