Inilah Kekuatan Alat Tempur Indonesia Yang Ditakuti Amerika Serikat

Kekuatan militer Indonesia adalah salahsatu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat "Trikora" di Yogyakarta, dan isinya adalah:
1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat ini, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salahsatu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).





Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :


1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.




Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salahsatu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.


Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.


Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

Ini semua membuat Indonesia menjadi salasahtu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.

comment 50 comments:

Anonim mengatakan...

apakh betul pesawat tempur indonesia sekarang masi ompong (belum mempunyai rudal atau misil) wasalam......

sinar mengatakan...

itu dulu...... sekarang??????????????????????????????????

Anonim mengatakan...

sekarang angkatan udara kita memble...tapi HARUS OPTIMIS :(

mono on 20 Mei, 2011 18:23 mengatakan...

kl sekarang ga da apa2nya....
kekuatan militer kita ga di dukung pemerintah...

rahasiaumum on 26 Mei, 2011 07:40 mengatakan...

hahahaha ahh skrg pemerintahnya lenje ga seperti soekarno da soeharto , skrg pada kebanyakan korupsi , pesawat merpati aja beli dari china ..... gembel ahh indonesia skrg

WNI on 29 Mei, 2011 12:36 mengatakan...

siapa yang tahu kebenarannya. itu kn dulu setelah diusut tuntas.
sekarang media ngusut yang kecelakaan.
peralatan dan perlengakapan perang gak semuax dipublikasikan, ada juga yang disembunyikan karena faktor keamanan internal NKRI. masak beli senjata baru harus bilang2 negra lain atau media. ya kalah perang lah kalau gt. kn musuh udah tahu senjata kita muax. makanya untuk alasan keamanan negara, pemerintah mungkin tidak memplubikasikan alat-alat tempurnya.
GAk ada yang tahu juga kalau dipulau jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi, dan papua ada Markas BEsar bawah tanahnya, untuk menunjang Keamanan Negara.

bastian on 01 Juni, 2011 14:59 mengatakan...

faktanya memang seperti itu.....pada dasarnya kita perlu pemimpin yang berani mengambil tindakan......

lah pejabat jaman sekarang malah sukanya makan uang rakyat.......

dan manamungkin....bisa bersaing di kancah internasional kayak dulu......

Anonim mengatakan...

Presiden sukarno punya ketegasan, kejujuran, berani mengambil keputusan tuk kewibawaan bangsa dan negara..Indonesa kaya tinggal cari sosok seperti Soekarno tuk menjadikan negara kita JAYAAAAA....

Anonim mengatakan...

iswahyudi tu di madiun bukan di surabaya

Raihandhyni on 18 September, 2011 23:37 mengatakan...

sekarang walau tidak dalam kondisi perang pesawat indonesia sudah banyak yang terjatuh dengan sndirinya karena umur yg sudah tua,
berharap kedepan bangsa kita mampu membuat sendiri peralatan tempur agar bangsa kita tidak dilecehkan....

alberto simanjuntak mengatakan...

dulu indonesia menjadi negara yang di takuti di dunia,bahkan amerika saja takut.tapy keapa sekarang nyali indonesia ciut,menghadapi malysia saja tdak bisa.mana yg katanya INDONESIA CINTA DAMAI TAPY LEBIH CINTA KEMERDEKAAN.saya mohon sama pemimpin indonesia ,jdi lh pemimpin yg baik n jujur.trima kasih

Anonim mengatakan...

saya hanya bisa berkata INDONESIA ku sayang INDONESIA ku MALANG

suprta on 02 Januari, 2012 16:37 mengatakan...

Pemerintah haru jeli dengan perkebangan dunia, yang disini saling rebut lahan,.....hahahaha.... nanti pas di todong serahin aja semuanya orang kita egk puunya persenjataan secanggih negara-negara lain,ayo bangkit indonesiaku,.... bangkit presidenku....

suprta on 02 Januari, 2012 16:54 mengatakan...

yang pertama pemeriintah kurang mendukung alat persenjataan kita,makannya kita kalah telah sama negara2 lain,...bangkit indonesia

Anonim mengatakan...

mungkin juga kekuatan militer kita sekarang kuat,,,cuma tdk digembor2kan,, apalagi SBY kan mantan panglima TNI, pasti beliau tau apa yg musti di lakukan...negara lain tdk hrs tau kekuatan kita. Perlu diketahui juga, pasukan2 elit tni, masuk jajaran elit dunia, seperti kopasus,kostrad,belu lagi dari TNI AL dan AU

maz gono mengatakan...

bagus apa yang di bilang di atas,

Anonim mengatakan...

kalu bisa perbanyak aja terus alat perang indonesia, biar kita bisa melawan perang yang akan mengancam indonesia . . mardekaa . .
wass

yusron berkata: mengatakan...

ya,sudahhlaahh

Anonim mengatakan...

jangan mau di propokatorin orang INDONESIA VS MALAYSIA, kita sama2 negara ISLAM satu RUMPUN, jangan mau di adu domba pihak yahudi, bersatulah kita umat islam sedunia, jangan mau di adu domba, hati2 antara indonesia dan malaysia provokatornya adalah NON MUSLIM LO... supaya islam terpecah

Anonim mengatakan...

kalian semua emang gak ngerti ama militer ya...parah...anak-anak blom matang lo

Anonim mengatakan...

gara2 korupsi kita jd begini, hidup korupsi, lanjutkan.....

Deddy Mulyadi on 25 Mei, 2012 22:20 mengatakan...

JAMAN SOEKARNO INDONESIA DITAKUTI & DISEGANI KARNA PRESIDENNYA BERANI & TEGAS.....

Anonim mengatakan...

korpsi di indonesia ga bakalan berhenti,,,sebab hukuman untuk para korupsi ga TEGASSSSSSSSSS,,,,,,,,

Anonim mengatakan...

mimpi koq ndak bangn bangn............it mah zaman flinstone sekarang udah zaman smsrtphone...........kalo baca artikel ini lucu cuman penghiburan diri...........hidup di masa lalu....post syndhrome power

Anonim mengatakan...

Kalo Iran ama KORUT bisa buat BOM dari NUKLIR.....kita bisa buat BOM dari BATUBARA

Anonim mengatakan...

tenang gan,,indonesia masih punya senjata micro nuclear yaitu "LPG-3KG"..
Namun saat ini msih tahap uji coba pada dapur" warga sipil..:D

Anonim mengatakan...

Beli aja pesawat tempur F-22 Stealth , F-35 serta Pesawat pembom B-2 Stealth Bomber..beres dah...
Bila perlu datangkan pesawat tempur terbaru UCAV..
Maju Terus Militer Indonesia...LANJUTKAN!

bedah aura on 29 Juni, 2012 02:02 mengatakan...

ayo bangkit indonesia,di udara di laut didarat kita masih bisa berjaya

Anonim mengatakan...

smua tdk prlu kwhrit ko,mungkin bnar yg dktakan org org trtntu zman dulu,,bahwa indonesia akan bangkit bila tlah trancam nanti.

Anonim mengatakan...

indonesia bisanya omong saja...buktinya tenaga lokal orang pribumi di gaji murah sama pemerintah dan perusahan sendiri...kalah sama tenaga kerja yg dari luar negeri yg nota bene kemampuannya sama....contoh tuuuuh pemerintah sama bos2 nya indonesia negara jepang orang lokalnya di bayar mahal dari pada tenaga kerja luar negrinya............

JAGUR BKD mengatakan...

JAGUR BKD

KAWA HAJA MUN HANDAK NANG KAYAPA TI HARATNYA TAPI AMUN HANDAK

afin yolanta on 03 Agustus, 2012 16:16 mengatakan...

emang si semua koment disini ada yg benar.
1 ga mungkin indonesia bilang ke media masa tntg semua senjata.
tp nyatanya untuk urusan pesawat transportasi indonesia masih buruk dan sering jatuh.
2 pastinya SBY juga tau akan kekuatan tempur Indonesia. tp beliau juga sibuk dengan urusan yg lain kan.??
3 urusan korupsi itu seperti permainan kalau pemerintah berani mengambil keputusan tegas menghukum mati koruptor tentu gaada yg berani korup. tp pemerintah gak bisa mengambil keputusan itu karena mungkin dia sendiri juga koruptor.!
4 indonesia itu di permainin indonesia itu di makelarin.!

Hary Irfantri on 17 Agustus, 2012 20:45 mengatakan...

Persenjataan perang Indonesia itu lebih banyak dari yang masyarakat Indonesia selain pemerintah-militer ketahui. Masih banyak yang dirahasiakan dan disembunyikan. Yakinlah kalau sebenarnya dibeberapa tempat ada penelitian rahasia penciptaan pesawat tempur atau kapal atau tank atau peralatan militer lainnya yang dilakukan oleh Indonesia. Masyarakat ini hanya mengetahui 30%nya saja. sisanya masih dirahasiakan.

BELA NEGARAKU NKRI on 05 September, 2012 17:01 mengatakan...

ini dia contoh anak negeri yang pesimistis dengan kekuatan negaranya sendiri,kayaknya kita ini negara pencacimaki terbesar,taunya koreksi orang tapi diri sendiri gk becus,ingat pemimpin bangsa juga sudah berusaha but itu semua ada proses gk langsung jadi,kita seharusnya tetap optimistis sebagai sebuah bangsa besar yg sedang terseok2 kayaknya bangsa ini perlu penyemangat.

Bondes Rezpector on 10 September, 2012 03:04 mengatakan...

INTINYA INNDONESIA BUTUH PERJUANGAN
BUKAN BUTUH KECURANGAN

Bondes Rezpector on 10 September, 2012 03:11 mengatakan...

Hanya Satu Pinta Quw Untuk WNI

Berjuang DaLam HaL Yang Positif Bukan Berjuang DaLam HaL Yang Negatif

HIDUP INDONESIAKU

Anonim mengatakan...

" M E R D E K A "

Anonim mengatakan...

yg bilang indonesia vs malaysia ulah provokator......? malon itulah provokatornya...katanya bangsa serumpun tapi ngajak musuhan melulu...

id on 14 Oktober, 2012 23:41 mengatakan...

perang melawan korusi z ga kekar2
mlh nambh perang

kita & malaysia itu tetanggaan
klo bersitegag biasa,nmy jg tetangga
bicarain baik2 dulu

id on 14 Oktober, 2012 23:46 mengatakan...

perang lawan korupsi ga kelar2
gmn mau perag lg??

kita & malaysia klo besitegag tu da biasa x.
nmy jg tatanggaan

Surya Widakdo on 27 Oktober, 2012 21:47 mengatakan...

ada udang
lgi makan batu
ada perang
indonesia pasti bersatu

Mohammad Sobari on 23 Desember, 2012 09:26 mengatakan...

Itu dulu, sekarang ........???? bandingkan aja sekarang berapa banyak pesawat canggih yang dimiliki Indonesia, kapal selam ada berapa , apalagi pesawat pembom..?????

Mohammad Sobari on 23 Desember, 2012 09:32 mengatakan...

Itu dulu, sekarang ........???? bandingkan aja sekarang berapa banyak pesawat canggih yang dimiliki Indonesia, kapal selam ada berapa , apalagi pesawat pembom..?????

Anonim mengatakan...

INDONESIA PUNYA 15 KAPAL SELAM,,itu saja yg ku tau!!!

sepatu murah on 03 Mei, 2013 15:12 mengatakan...

perang lawan korupsi ga kelar2
gmn mau perag lg??

Indonesiaaaaaaaaaaaaaa.........

yudha ganteng mengatakan...

makanya pilihlah aku mnjadi presiden republik indonesia..program peratamaku mnaggantung semua koruptor ..lalu perbaiki pertahanan negara..siapapun yg melawan kebijakanku akan ku gantung,,,seng penting indonesia mnjadi negara bersih dr koruptor..aman..dan kuat militernya...ayuk buruan pilih aku

Anonim mengatakan...

itu kan indonisia yg dulu bngt.......
nah skrng liat aja, di asia tenggara ajja indonesia mci kalah....

Anonim mengatakan...

buat aja pesawat tempur dari kertas. suruh eyang subur kasi mantra, maka pesawat tempur indonesia akan mengalahkan pesawat tempur f 16 amerika. mantaap euy..

Fadly Harris on 15 Juni, 2013 21:58 mengatakan...

main bola aja memble masih banyak kalahnya, ego pulak lg g bisa nerima kenyataan. seharusnya bukan pimpinan aja yang harus berubah dan sadar atas bangsanya, tp mulailah kesadaran dr kecil yaitu dr diri sendiri. hidup indonesiaku yg merdeka, tanah airku indonesia, air pun bayar dan tanah pun blum punya, masih ngontrak lagi. waduh........, hebat ya indonesiaku sekarang. mari berubah......., berubahlah indonesiaku kedepan bukan kebelakang. mantaf cuy.......

Anonim mengatakan...

ini pos nya apa apaan tidak berguna saya adalah presidenmu sby

Poskan Komentar