Harga dan Spesifikasi New Jupiter MX (Lounching 28 November 2010)


New Jupiter MX bebek sport ini berubah total. Tidak hanya seluruh bodi, mesin juga total berubah. Kendati demikian, dimensinya sama dengan Jupiter MX yang dipasarkan sekarang ini. Begitu juga  kapasitas , diameter dan langkah, perbandingan kompresi mesin, New Jupiter MX tidak diubah. 

Namun Tampilan New Jupiter MX ini terlihat lebih sporty dan futuristik, dengan desain terbaru. Mulai dari bodi bagian depan, sayap dan body samping, lampu-lampunya, termasuk bagian  roda, velg dan ban yang digunakannya. Namun, tidak meninggalkan ciri khas Jupiter MX. Pada New Jupiter MX bagian lampu, untuk lampu senja dan seinnya sedikit lebih kecil serta tajam (meruncing).

Sedangkan lampu belakang menggunakan mika smoke, agak gelap tapi tetap menghasilkan sorot lampu yang terang. Perubahan mencolok, New Jupiter MX menggunakan dua rem cakram, depan dan belakang.

Tali gas MX yang dibuat ganda menambah respons (gas) spontan seperti sepeda motor balap.  Urutan gigi MX baru ini seperti layaknya motor sport yakni 1-N-2-3-4-5.  Dengan dipindhakannnya tuas kopling ke kiri, pengoperasian  jadi sangat ringan dan  halus. Ternyata, perpindahan ke setiap gigi juga berlangsung dengan mudah!

Setang Ergonomis


Untuk memberikan rasa nyaman bagi pengendara,  posisi kemudi New Jupiter  MX diubah, lebih menekuk ke dalam, seperti kebanyakan sepeda motor balap. Hasilnya, beberapa kali berputar dengan sepeda motor ini tidak dirasakan capek. Sempat pula dicoba berboncengan.  Suspensi depan dan belakang, untuk pengendaraan dan boncengan terasa nyaman.

Ukuran pelek dan belakang MX ini lebih lebar  dari pedahulunya. Kini digunanakn ban 100/70. Alhasilnya, stabil membelok dan mantap saat berakselerasi.  Melihat rongga pada sepatbor belakang, ukuran ban bisa saja dimakismalkan lagi. "Sepertinya masih muat kalau sampai 120/70," ujar Indra Dwi Sunda, Manager Promosi YMKI.Untuk velg yang digunakan, versi baru ini memakai velgnya lebih lebar yaitu 2,5 inci, sedangkan  versi sebelumnya 1,6 inci.

Mengenai harga jual New Jupiter MX, memang masih belum ada kepastian. Namun, disela-sela jumpa pers dalam perhelatan JMS 2010 beberapa waktu lalu, advisor PT YMKI Bambang Asmarabudi sempat mengungkapkan, harga jual New Jupiter MX tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya,  ada selisih harga kurang dari Rp 500 ribu.

“Saya rasa selisih harganya tidak akan sampai Rp500 dibanding Jupiter MX sebelumnya,”ujar Bambang saat itu.

Bila harga Yamaha Jupiter MX sekarang ini di pasaran Rp 15,475 juta (on the road Jakarta), maka seandainya selisih harga Rp 500 ribu, maka harga jual Yamaha New Jupiter MX akan menjadi Rp 15,975 juta (on the road Jakarta).

Kesan setelah kencan pertama:

♦  Pengoperasian kopling yang halus
♦  Perpindahan gigi yang mulus
♦  Posisi setang yang ergonmis
♦  Suspensi yang nyaman
♦  Suara mesin  lebih halus
♦  Pengendalian lebih mantap  (karena ban belakang lebih lebar)

comment 0 comments:

Poskan Komentar