PREDIKSI LIGA SPANYOL 2 FEBRUARI 2015: BARCELONA VS VILLARREAL


Almarhum William Arth Ward, penulis Amerika Serikat kelahiran Louisiana, pernah berujar: "Guru yang biasa-biasa saja mampu memberi tahu. Guru yang baik bisa menjelaskan. Guru yang ulung dapat memberikan contoh. Guru yang hebat menjadi inspinasi."

Seisi dunia punya konsensus bahwa sangat sulit menemukan guru yang benar. Karena itu, beruntunglah orang yang bisa mendapatkan ilmu dan bimbingan dari guru yang demikian. Dalam sepak bola, salah satu orang beruntung itu adalah Gerard Pique.

Pemain berusia 27 tahun itu tercatat sebagai salah satu bek terbaik di dunia. Banyak orang menilai keputusannya menerima pinangan Pep Guardiola kembali ke Barcelona sebagai faktor utama transformasinya itu.

Peran Pep sebagai pelatih memang tak boleh diabaikan. Namun, sesungguhnya Pique bisa menjadi seperti sekarang karena ia belajar dari berbagai guru yang tergolong jempolan.

Saat bergabung dengan Manchester United misalnya, Pique berlatih bersama Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Pique juga pernah menjadi tandem karang tangguh asal Argentina, Gabriel Milito, saat berseragam Zaragoza pada musim 2006/07. Di antara semuanya, Carles Puyol adalah guru terhebat buat Pique.

Salah satu kelemahan Pique di lapangan ialah betapa mudahnya ia kehilangan fokus. Puyol tak pernah membiarkan hal itu terjadi. Begitu melihat tandem mudanya itu mulai lengah, meski hanya sedetik atau dua detik, Puyol akan meneriakinya dengan keras hingga Pique merasa seperti ada singa yang mengaum di depan wajahnya.

Dari Puyol juga Pique belajar soal pengorbanan buat klub, Selama 18 tahun bermain buat Barca, Puyol mengalami tak kurang 25 cedera dari ujung kepala hingga ujung jari kakinya. Setlap kali cedera, Puyol selalu memaksakan diri kembali lebih cepat dan tampil lebih garang begitu fit.

Hubungan keduanya di luar lapangan juga sangat erat kendati berselisih usia sembilan tahun. Karakter ceria Pique membuat Puyol lebih bisa santai. Sementara Puyol membuat Pique lebih fokus mengejar tujuan hidup.

Pique bukanlah bek yang sama hebatnya tanpa Puyol di sampingnya. Itulah yang terjadi musim lalu saat Puyol sering absen akibat cedera hingga akhirnya memutuskan gantung sepatu. Performa Pique melorot drastis hingga julukan Piquenbauer yang disematkan kepadanya terdengar bak lelucon.

Di luar lapangan. tak ada yang mengendalikan lawakan Pique seperti saat ia melempar bom bau di pesawat ketika terbang ke Finlandia dalam rangkaian tur pramusim Barca. Ia juga seperti hendak memancing kesabaran pelatih anyar Luis Enrique. Ulah Pique memainkan ponsel di bagku cadangan kontra Espanyol di Piala Super Spanyol membuat pemain kelahiran 2 Februari 1987 itu tidak masuk skuat saat menghadapi Celta dan cuma dicadangkan ketika melawan Ajax.

Belakangan, kondisinya berubah. Pique tiba-tiba menjadi pribadi yang lebih matang, bekerja lebih keras dibanding rekan-rekan setimnya, tetap bisa diandalkan saat Barca mengalami krisis, dan memberikan kontribusi yang kian vital. Pique mulai kembali padastandar yang diperlihatkan saat masih bermain bersama Puyol.

Dalam 14 pekan di mana Pique tampil musim ini, Blaugrana hanya kebobolan enam gol. Tiga di antaranya terjadi dalam kekalahan versus Madrid 1-3. Dua dari tiga kekalahan Barca musim ini terjadi saat kekasih Shakira tersebut tidak bermain.

Kualitas mentereng Pique itulah yang diharapkan terlihat saat Barca menjamu Villarreal, Minggu (1/2). Tim tamu bukan saja tak terkalahkan dalam 10 laga pamungkasnya di Liga Spanyol, tapi juga punya bomber muda berbahaya dalam diri Luciano Vietto. Rekrutan pada musim panas itu merupakan top scorer Tim Kapal Selam Kuning di kompetisi domestik dengan delapan gol.

Head to head Barcelona vs Villarreal:
01 Sep 2014 (PLL) Villarreal 0 - 1 Barcelona
28 Apr 2014 (PLL) Villarreal 2 - 3 Barcelona
15 Des 2013 (PLL) Barcelona 2 - 1 Villarreal
29 Jan 2012 (PLL) Villarreal 0 - 0 Barcelona
30 Agu 2011 (PLL) Barcelona 5 - 0 Villarreal

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona:
29 Jan 2015 (CDR) Atletico Madrid 2 - 3 Barcelona
25 Jan 2015 (PLL) Elche 0 - 6 Barcelona
22 Jan 2015 (CDR) Barcelona 1 - 0 Atletico Madrid
19 Jan 2015 (PLL) Deportivo La Coruna 0 - 4 Barcelona
16 Jan 2015 (CDR) Elche 0 - 3 Barcelona

Lima Pertandingan Terakhir Villarreal:
30 Jan 2015 (CDR) Getafe vs Villarreal
25 Jan 2015 (PLL) Villarreal 1 - 0 Levante
22 Jan 2015 (CDR) Villarreal 1 - 0 Getafe
18 Jan 2015 (PLL) Villarreal 2 - 0 Athletic Bilbao
15 Jan 2015 (CDR) Real Sociedad 2 - 2 Villarreal

Prediksi susunan pemain Barcelona vs Villarreal:

Barcelona: Bravo, Alba, Mascherano, Pique, Alves, Iniesta Busquets, Rakitic, Messi, Neymar, Suarez.

Villarreal: Asenjo, Mario, Musacchio, Ruiz, Costa, Gomez, Bruno, Trigueros, Santos, Uche, Vietto.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger