Foto SBY Tembus Abu Vulkanik Merapi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dua hari berkantor di Yogyakarta untuk memonitor dari dekat bencana letusan Gunung Merapi. Dalam perjalanan, SBY sempat terhambat abu vulkanik.

Presiden SBY awalnya ingin langsung menuju Yogyakarta setibanya di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Tetapi, saat tiba di daerah Magelang dalam perjalanan dua jam dari Semarang ke Yogyakarta, abu vulkanik terlihat semakin tebal di jalanan.

Mobil dinas SBY yang berplat nomor RI1 menembus tebalnya abu vulkanik. Kondisi jalan cukup licin. Akhirnya, Presiden SBY memutuskan menginap di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Ketika SBY dan Ibu Negara serta rombongan tiba di Akmil Magelang dan turun dari kendaraan, suasana agak gelap. Jalanan dan tanah yang dipijak terasa lembek dan becek. Baru setelah memperhatikan sekeliling, disadari bahwa seluruh jalanan dan permukaan tanah terbuka tertutup abu vulkanik dari Merapi yang melumpur karena hujan.

SBY menyempatkan diri mengunjungi langsung lokasi pengungsian. Lokasi pengungsian terbesar di Gedung Olahraga Maguwoharjo juga didatangi SBY. SBY kembali mengingatkan agar pengungsi tidak kembali ke rumahnya sebelum ada perintah dari petugas berwenang.

Pada Sabtu siang, SBY mulai berkantor di Istana Gedung Agung Yogyakarta. Petang hari, SBY menerima mantan Wakil Presiden yang juga Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla. "Sudah kemana saja Pak JK?" tanya SBY. "Saya sudah ke Boyolali, Klaten, sempat juga meninjau langsung pengungsi di Stadion Maguwoharjo," ujar Jusuf Kalla, yang datang mengenakan seragam PMI biru.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger