Komputer Jadul Ini Terjual Seharga Rp 1,91 Miliar

Sebuah komputer yang merupakan rakitan pertama yang dikeluarkan perusahaan Apple laku dengan harga 213 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1,91 miliar. Demikian diberitakan CNN, Rabu (24/11/2010).

Komputer dengan nama Apple-1 pertama kali didesain di garasi oleh pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak, dan terjual di balai lelang Christie di London, Inggris, Selasa lalu.

Seorang kolektor swasta bernama Marco Boglione membeli komputer tersebut. Apple-1 dilengkapi dengan tulisan dari Jobs dan juga boks yang memiliki stempel awal Apple, sebuah Apple yang jatuh di Sir Isaac Newton.

Apple-1 mendapat peranan penting di sejarah teknologi karena ini sangat mudah digunakan oleh siapapun karena tak perlu motherboard dan merupakan cikal bakal dari komputer rumah. Ini awal dari komputer rumah dan membawa ke revolusi komputer.

Jobs dan Wozniak membuat Apple-1 pada tahun 1976 dan sejak saat itu, perusahaan mereka menjadi salah satu ikon yang disegani dan melahirkan beberapa produk populer di pasaran antara lain iPhone, iPad, dan iPod.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger