PREDIKSI URUGUAY VS KOSTA RIKA

Prediksi Skor Uruguay vs Kosta Rika Piala Dunia 15 Juni 2014 - Jika peringkat FIFA terbaru dijadikan referensi, Uruguay adalah tim terkuat di Grup D. Langkah tim berjulukan La Celeste alias Sang Biru Langit untuk membuktikan status tersebut diawali di laga melawan Kosta Rika, Sabtu (14/6).

Mengacu pada daftar peringkat dunia per 5 Juni, Uruguay menghuni posisi ketujuh. Di antara rival satu grup, Celeste berada di atas Italia (peringkat 9), Inggris (10), dan jauh meninggalkan Kosta Rika (28).

Fakta tersebut tentu bukan jaminan pasti bahwa Uruguay bakal memuncaki grup maut itu. Kepastian pasukan Oscar Tabarez mentas di Piala Dunia 2014 diperoleh secara susah payah.

Mereka baru menggenggam tiket ke Brasil setelah melalui patai play- off antar konfederasi. Pada babak itu, Uruguay menyingkirkan wakil Asia, Yordania, dengan agregat 5-0.

Pencapaian itu tidak spesial, tapi publik Uruguay bisa secara cepat merespons dengan fakta membanggakan. Celeste juga kudu melalui babak play-off untuk mencapai putaran final Piala Dunia 2010.

Edinson Cavani cs. terbuki sanggup melaju hingga semifinal turnamen kala itu dan finis di posisi keempat. Hal yang menarik adalah lawan Uruguay ketika melakoni play-off antarkonfederasi menuju Afsel 2010 tak lain adalah Kosta Rika.

Karena itu, tim berjulukan Los Ticos tersebut mencanangkan misi balas dendam saat bersua Uruguay di Fortaleza nanti.

Sebagai tim yang tak diunggulkan di Grup D, Kosta Rika menyadari mereka tak menggantungkan asa terlalu tinggi. Apalagi, pelatih Jorge Luis Pinto punya masalah menjelang pembukaan PD 2014.

Mereka ditinggal penyerang andalan Alvaro Saborio karena patah tulang metatarsal. Dengan skuat yang tersedia, Pinto berharap timnya menciptakan kejutan.

"Kami akan tampil tanpa rasa takut. Menghadapi tiga juara dunia dalam satu grup membuat kami termotivasi. Kami menghormati Inggris, Italia, dan Uruguay, tapi mereka harus tahu bahwa tim ini juga bisa bermain sepak bola," ujar Pinto.

Masalah kebugaran penyerang juga melanda Uruguay. Pembahasan soal bakal fit atau tidaknya Luis Suarez untuk laga kontra Kosta Rika mengemuka dalam sepekan terakhir.

Suarez menjalani operasi lutut pada 22 Mei lalu dan terus berusaha mencapai tingkat kebugaran ideal demi segera tampil. Pada sesi latihan skuat Uruguay, Jumat (13/6), pemain tersubur Liga Inggris 2013/14 dengan 31 gol itu bergabung untuk pertama kali dengan rekan setimnya sejak proses operasi kelar.

Kondisinya masih terus dipantau tim medis. Skenario paling mungkin ialah pelatih OscarTabarez memasang Diego Forlan guna menemani Cavani di lini depan.

"Saya tak tahu apakah Suarez bisa bermain pada laga penama, kedua, atau ketiga. Jika segalanya tergantung saya, ia tentu akan bermain melawan Kosta Rika," ucap Tabarez.

Kalaupun Suarez jadi absen, Uruguay tetap berpeluang besar meredam kejutan dari Kosta Rika. Jika koleksi gol mereka untuk timnas digabungkan, pasangan Cavani-Forlan secara total menghasilkan 57 gol.

Meski sudah tergerus usia, Forlan (35 tahun) tetap dipandang mengerikan oleh lawan. Apalagi, statusnya merupakan pemain terbaik di PD 2010.

Satu umpan Forlan dikonversi menjadi gol oleh Cavani dalam laga uji coba kontra Slovenia (4/6). Belum lagi potensi ledakan Christian Stuani, yang selalu mencetak gol dalam dua laga uji coba terkini Celeste. Kosta Rika butuh penampilan super dari kiper Keylor Navas guna meminimalisasi potensi kebobolan.

"Semua orang tahu Suarez salah satu striker terbaik di dunia. Absennya dia akan memberi kami keuntungan. Tapi, tim tak bisa cuma berpikir soal Suarez. Uruguay juga punya Cavani atau Forlan yang mencetak banyak gol," kata gelandang Kosta Rika, Yeltsin Tejeda.

Bagi Celeste, kemenangan pada laga ini bakal mengawali langkah positif mencapai misi terbesar: menyamai prestasi tim Uruguay 1950 yang menjuarai Piala Dunia di tanah Brasil.

"Cuma kami yang tahu caranya juara di Brasil. Kami yakin terhadap potensi tim ini mengulangi sejarah," kata kapten Celeste, Diego Lugano.

Head to head Uruguay vs Kosta Rika:

18 Nov 2009 (KPD) Uruguay 1 - 1 Kosta Rika
15 Nov 2009 (KPD) Kosta Rika 0 - 1 Uruguay
22 Jul 2001 (PPA) Kosta Rika 1 - 2 Uruguay

Lima pertandingan terakhir Uruguay:

05 Jun 2014 (PUC) Uruguay 2 - 0 Slovenia
31 Mei 2014 (PUC) Uruguay 1 - 0 Irlandia Utara
06 Mar 2014 (PUC) Austria 1 - 1 Uruguay
21 Nov 2013 (PUC) Uruguay 0 - 0 Yordania
13 Nov 2013 (PUC) Yordania 0 - 5 Uruguay

Lima pertandingan terakhir Kosta Rika:

07 Jun 2014 (PUC) Kosta Rika 1 - 1 Rep Irlandia
03 Jun 2014 (PUC) Kosta Rika 1 - 3 Jepang
06 Mar 2014 (PUC) Kosta Rika 2 - 1 Paraguay
26 Jan 2014 (PUC) Kosta Rika 0 - 1 Korea Selatan
23 Jan 2014 (PUC) Kosta Rika 4 - 0 Kosta Rika

Prediksi susunan pemain Uruguay vs Kosta Rika:


Uruguay: Muslera, Caceres, Lugano, Godin, M.Pereira, Stuani, Rios, Perez, Rodriguez, Forlan, Cavani.

Kosta Rika: Navas, Gamboa, Umana, Gonzalez, Diaz, Tejeda, Borges, Campbell, Ruiz, Bolanos, Urena.

PREDIKSI SKOR: Uruguay 2 - 1 Kosta Rika

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger